Cara Update OS Android Yang Benar Dan Tepat

imaniawan January 15, 2023

Cara Update Os Android Yang Benar Dan Tepat– Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. OS Android memiliki banyak fitur dan pembaruan yang menarik untuk dicoba. Namun, agar dapat memaksimalkan semua fitur dan pembaruan tersebut, Anda harus mengupdate OS Android Anda secara berkala. Namun, bagaimana cara update OS Android yang benar dan tepat? Berikut ini adalah cara update OS Android yang benar dan tepat.

1. Periksa Ketersediaan Pembaruan OS Android

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan update OS Android adalah memeriksa ketersediaan pembaruan OS Android. Anda dapat memeriksa ketersediaan pembaruan OS Android dengan membuka Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel. Di sini, Anda dapat melihat nomor versi OS Android yang sedang Anda gunakan. Jika nomor versi tersebut sama dengan yang terbaru, maka Anda tidak perlu melakukan update. Namun, jika ada pembaruan, Anda akan melihat notifikasi pembaruan di sana.

2. Pastikan Koneksi Internet yang Stabil

Setelah mengetahui bahwa ada pembaruan yang tersedia, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Pembaruan OS Android biasanya membutuhkan lebih dari 1 GB data, jadi pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cukup untuk melakukan pembaruan. Jika Anda belum memiliki koneksi internet yang cukup, Anda dapat menggunakan jaringan Wi-Fi atau melakukan pembaruan melalui komputer.

3. Download dan Install Pembaruan OS Android

Setelah Anda memiliki koneksi internet yang stabil, Anda dapat melanjutkan untuk men-download dan menginstall pembaruan OS Android. Anda dapat mengunduh pembaruan OS Android di Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel. Di sini, Anda dapat melihat opsi “Download dan Install” untuk men-download dan menginstall pembaruan OS Android. Setelah proses download selesai, Anda akan diminta untuk mengaktifkan pembaruan. Anda dapat mengaktifkan pembaruan dengan menekan tombol “Aktifkan” di layar ponsel Anda.

4. Tunggu Hingga Proses Instalasi Selesai

Setelah Anda mengaktifkan pembaruan OS Android, Anda akan diminta untuk menunggu hingga proses instalasi selesai. Proses instalasi ini akan memakan waktu sekitar 10 hingga 20 menit. Selama proses instalasi berlangsung, jangan mengubah atau mematikan ponsel Anda. Jika Anda melakukannya, Anda dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Anda.

5. Restart Ponsel Anda

Setelah proses instalasi selesai, Anda harus restart ponsel Anda untuk mengaktifkan pembaruan OS Android. Anda dapat melakukan restart dengan menekan tombol power di ponsel Anda. Setelah Anda melakukan restart, Anda akan melihat bahwa OS Android Anda telah diperbarui dan Anda dapat menikmati semua fitur dan pembaruan baru.

6. Periksa Pengaturan yang Berubah

Setelah Anda melakukan restart, Anda harus memeriksa pengaturan yang berubah. Beberapa pengaturan dapat berubah setelah Anda melakukan update OS Android. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa semua pengaturan yang berubah dan memastikan bahwa semua pengaturan tersebut sesuai dengan preferensi Anda.

7. Periksa Aplikasi yang Berubah

Selain pengaturan, Anda juga harus memeriksa aplikasi yang berubah setelah Anda melakukan update OS Android. Beberapa aplikasi yang ada di ponsel Anda mungkin tidak lagi berfungsi setelah Anda melakukan update OS Android. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa aplikasi yang berubah dan memastikan bahwa semua aplikasi yang ada di ponsel Anda masih berfungsi dengan baik.

8. Perbarui Aplikasi yang Ada di Ponsel Anda

Setelah Anda melakukan update OS Android, Anda juga harus memperbarui aplikasi yang ada di ponsel Anda. Anda dapat memperbarui aplikasi dengan membuka Google Play Store dan mencari aplikasi yang perlu diperbarui. Di sana, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang perlu diperbarui dan mengklik tombol “Perbarui” untuk memperbarui aplikasi tersebut.

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Setelah Anda memperbarui aplikasi yang ada di ponsel Anda, Anda harus memeriksa aplikasi yang tidak diperlukan dan menghapusnya. Ada beberapa aplikasi yang tidak diperlukan dan hanya menyebabkan penumpukan sampah di ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa aplikasi yang tidak diperlukan dan menghapusnya agar ponsel Anda tetap berfungsi dengan baik.

10. Backup Data Anda

Setelah Anda menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, Anda harus melakukan backup data Anda. Backup data adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa data Anda tetap aman dan Anda dapat mengembalikannya jika terjadi kerusakan atau kehilangan data. Anda dapat melakukan backup data dengan membuka Pengaturan > Sistem > Backup & Restore dan mengaktifkan opsi “Backup & Restore”. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda dapat membackup semua data yang Anda inginkan.

Itulah cara update OS Android yang benar dan tepat. Update OS Android secara berkala akan membantu Anda memaksimalkan fitur dan pembaruan yang ditawarkan oleh OS Android. Namun, agar update OS Android berjalan dengan lancar, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang cukup, memeriksa pengaturan dan aplikasi yang berubah, dan melakukan backup data Anda.

Kasih Bintang Yuk!

Leave a Comment